RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUNGAI BATANG ILIR 2
Kelas / Semester : 5 (Lima) / 1
Tema / Subtema :
Benda-benda dilingkungan sekitar / Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta
cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
MATEMATIKA
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan
perkailan dan pembagian
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan
dalam
desimal dan persen
dengan berbagai kemungkinan
jawaban
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan
pengaruh kegiatan manusia dengan
bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPS
3.1 Memahami
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang
dan waktu serta keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan
dan budaya dalam lingkup nasionalI
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang
dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumbersumber yang tersedia
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
MATEMATIKA
• menyelesaikan soal latihan pecahan biasa,
campuran, desimal
• Mengenal bentuk pecahan biasa
• Mengenal bentuk pecahan cam-puran
• Mengenal bentuk pecahan desimal
BAHASA INDONESIA
•
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan
manusia
• Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel
mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan
manusia
IPS
• Mengenal
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam
lingkup nasional
• Menyusun
laporan secara tertulis dalam bentuk tabel
hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
• Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang
membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat
menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
• Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam,
siswa mengidentifikasi perubahanperubahan alam yang berdampak pada manusia
dengan cermat.
• Dengan membaca teks tentang perubahan wujud
benda, siswa dapat menemukan contoh– contoh perubahan wujud benda yang terdapat
pada bacaan dengan cermat dan teliti.
• Dengan membaca teks tentang perubahan wujud
benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan
tepat dengan cermat dan teliti.
• Dengan
latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan
biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti,
dan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
MATEMATIKA
1.
Siswa mampu menyelesaikan soal
latihan pecahan biasa, campuran, desimal
2.
Siswa mampu Mengenal bentuk
pecahan biasa, campuran dan desimal
BAHASA INDONESIA
1.
Siswa mampu Menjelaskan isi
informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
2.
Siswa mampu Menyajikan
hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem
yang diakibatkan oleh kegiatan manusia
IPS
1.
Siswa mampu Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
2.
Siswa mampu Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk
tabel hasil identifikasi tentang
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
F. PENDEKATAN DAN
METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Bodi gemrot
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari.
4.
Apersipsi
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru menerangkan pentingnya Membiasakan berdoa sebelum dan
sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
2.
Siswa mengamati
gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan,
yakni membuang sampah ke sungai.
3. Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan
pengamatan gambar.
4.
Guru memberikan
waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
5.
Guru menunjuk
satu siswa untuk membacakan
6.
bacaan tersebut
dan meminta siswa lain menyimak.
7.
Bacaan tersebut
dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
8.
Selesai membaca,
siswa menuliskan pada tabel
9.
contoh kosakata
baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
10.
Setelah membaca
dan memahami kosakatakosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan
informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan
perubahan wujud benda
11.
Pada kegiatan: AYO,
BERDISKUSI: siswa
12.
membentuk
kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan
alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
13.
Secara interaktif
dan menarik, guru menjelaskan
14.
konsep pecahan
melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk
15.
.Fokus
penjelasan pada mengubah bentuk
pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan desimal dan mengubah
bentuk pecahan persen dan desimal menjadi bentuk pecahan biasa.
16.
Siswa diberikan
kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
17.
Siswa mengisi
tabel mengenai kompetensi yang
18. sudah dipelajari, berkaitan dengan perubahan
alam dan perubahan wujud benda
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak
semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
5.
Mengamati
sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara
melafalkannya dsb)
6.
Apabila ada
siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah
selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa
lebih disempurnakan
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku
Tematik Kelas 5
2.
Diri
anak
3.
Lingkungan
sekolah
4.
Roti
dan jeruk
I. PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai
dengan kegiatan akhir
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes
tulis dan lisan
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam
mengamati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar